Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(PGSD),didirikan pada tahun 2007 Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas
No: 1928/D/T/2007 . Program studi ini mempunyai visi menjadi program studi yang
unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang beretika dan mempunyai nilai-
nilai moral, menguasi sains dan teknologi serta mengembangan inovasi
pendidikan.
Program PGSD jenjang sarjana (SI) hadir sebagai upaya untuk
merespon (1) tuntutan masyarakat akan adanya peningkatan kualitas akademik
tenaga pendidik dan (2) amanat undang-undang No.14 th 2005 tentang guru dan
Dosen.
Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi PGSD di
Universitas Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman
dan berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Disamping itu,
dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan berbagai fasilitas
pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching , Laboratorium Komputer,
Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang Pembelajaran Multimedia. Program
studi juga memfasilitasi laboratorium outdoor untuk praktek kerja mahasiswa
dengan menjalin kerjasama dengan Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan (PSLK)
dan Bimbingan Konseling (BK). Kegiatan intra maupun ekstrakurikuler mahasiswa (
antara lain Pramuka, KSR, Kesenian, Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM,
HMJ) diwadahi dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student
Center (SC) universitas. Mahasiswa baru dibekali dengan kegiatan Pelatihan
Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), dilanjutkan program pelatihan
Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan lulusan PGSD yang qualified dan mampu
berkomunikasi secara internasional, maka mahasiswa diwajibkan menempuh
ESP (English for Specific Purpose) selama 1 tahun. Dengan fasilitas –
fasilitas yang diberikan secara optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD
menjadi tenaga pendidik yang sesuai dengan visi dan misi PGSD yaitu,
menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai
moral 2). Sains dan teknologi, serta 3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan
kompetitif secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD,
Professional dalam melakukan pembelajaran di sekolah, mengabdikan profesinya
berdasarkan etika dan nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri sebagai program
studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis yang mendorong
pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, social, religius, dan memiliki sistem
pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma
Perguruan Tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar